OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN (KEBANDARAAN DAN INDUSTRI PENERBANGAN)


Pengoperasian Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian, Tata Kelola Keuangan, Tata Kelola Sarana Prasarana, Tata Kelola Humas dan Keprotokolan, Teknologi Perkantoran, Korespondensi, dan Kearsipan

Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) adalah segala jenis kegiatan yang berhubungan dengan kantor mulai dari pencatatan, keadministrasian, komunikasi, kearsipan, dll dengan pemanfaatan teknologi sehingga dapat memperbaiki proses pelaksanaan pekerjaan di kantor serta meningkatkan produktifitas dan keahlian di bidang perkantoran.

  • Simulasi dan Komunikasi Visual
  • Ekonomi Bisnis
  • Administrasi Umum
  • IPA
  • Teknologi Perkantoran
  • Korespondensi
  • Kearsipan
  • Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
  • Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
  • Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
  • Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Berikut ini beberapa prospek kerja kompetensi keahlian OTKP (Bandara)

1. Staff Bandara

a. Bagian Ticketing

Petugas yang bertugas melayani proses pemesanan dan penjualan tiket. Bagian ticketing ditempatkan di bandara langsung untuk melayani pembelian secara langsung. Selain itu ada juga yang ditempatkan di kantor pusat maskapai atau agen travel. Tugasnya melayani penumpang dalam proses pemesanan dan pembelian tiket pesawat. Petugas ticketing harus memiliki ketelitian yang bagus dan kemampuan marketing yang baik. Sebab untuk meyakinkan penumpang agar bersedia menggunakan jasa yang ditawarkan tentu tidak mudah. Terlebih di Indonesia banyak maskapai yang menawarkan rute dan biaya yang beragam.

b. Bagian Check-In Counter

Check-in sebelum menaiki pesawat yakni proses konfirmasi calon penumpang kepada maskapai sebelum menaiki pesawat terbang. Nah petugas check-in counter disini lah yang bertugas mencocokkan tiket yang dibawa penumpang dengan identitas yang dimiliki penumpang.

Selanjutnya petugas check-in akan menerbitkan boarding pass yang mencantumkan informasi nama penumpang, waktu boarding, nomor penerbangan, nomor ruang tunggu asal dan tujuan penerbangan, nomor kursi dan kode pemesanan tiket.

Petugas check-in juga yang akan menimbang dan menginput data bagasi yang dimasukkan. Mereka juga memberikan label bagasi sesuai tiket penumpang agar tidak tertukar saat pengambilan.

c. Bagian Boarding Gate

Boarding gate yakni sebuah area dimana penumpang akan menunggu saat tibanya pesawat. Petugas dalam boarding gate ini siap melayani penumpang dengan baik. Petugas ini umumnya ada 3 bagian sebagai berikut:

  • Front desk

Petugas ini akan melakukan checking boarding pass penumpang supaya tidak terjadi kesalahan tempat dalam pesawat.

  • Mini desk

Petugas yang memastikan penumpang dalam kondisi aman untuk naik pesawat. Misal ada ibu hamil maka mereka yang mengecek surat izin terbang yang dibawa penumpang.

  • Check gate

Pengarah penumpang saat naik pesawat, mereka juga yang menyobek boarding pass sebagai tanda penumpang telah masuk ke pesawat.

d. Bagian CRO

Customer Relation Officer (CRO) yakni staff airlines yang bertugas menjalin hubungan baik dengan seluruh penumpang. Salah satunya membujuk penumpang agar tetap bertahan dan berlangganan dengan perusahaan yang bersangkutan. Bagian ini juga akan membantu menghandle staff lain sebagai mediator penyelesaian masalah kepada penumpang.

e. Bagian Transfer Desk

Transfer desk yakni tempat untuk melayani penumpang transit dan pindah pesawat. Beberapa hal yang menyebabkan transit ini biasanya tidak ada penerbangan yang langsung menuju bandara sehingga diharuskan menggunakan pesawat lain, atau mungkin berganti dengan maskapai penerbangan lain. Transfer desk juga bertugas memberikan konfirmasi kepada penumpang mengenai penerbangan berikutnya dengan jarak waktu yang lama. Penumpang dapat memajukan jadwal penerbangan melalui transfer desk. Tanggung jawab mereka yakni penumpang dan bagasi penumpang yang melakukan penerbangan lanjutan.

f. Lost and Found

Lost and found adalah unit yang menangani bagasi tertinggal, hilang, rusak, tertukar, dsb. Petugas ini lah yang menerima laporan penumpang jika terjadi kerusakan, tertukar bagasi dengan penumpang lain atau kehilangan. Jika bagasi belum ditemukan maka akan dilacak di daerah asal, sehingga akan dikirimkan melalui penerbangan selanjutnya.

  1. Sekretaris

Lulusan OTKP bisa menjalani karir sebagai seorang sekretaris di perusahaan. Tugasnya adalah mengurus segala hal yang berhubungan dengan perusahaan, termasuk juga mengatur jadwal atasan.

  1. Asisten Sekretaris

Jika kamu baru lulus dan mencari batu loncatan, kamu bisa menjadi asisten sekretaris. Kamu akan membantu tugas-tugas sekretaris utama di tempat tersebut.

  1. Staff Admin Keuangan

Selama di sekolah, kamu akan mendapatkan sedikit ilmu mengenai dasar akuntansi. Hal ini bisa kamu jadikan bekal untuk meniti karir sebagai staf admin keuangan.

  1. Staff Personalia

Peluang atau prospek kerja OTKP yang kelima adalah staff personalia. Salah satu tugasnya adalah menyusun daftar hadir karyawan. Kamu juga akan berurusan dengan proses rekrutmen di tempat kamu bekerja.

  1. Staf Tata Usaha

Keenam, staf tata usaha. Kamu bisa masuk ke dunia pendidikan dengan menjadi staff tata usaha. Tidak hanya di dunia pendidikan, staff TU ini juga dibutuhkan di sektor lainnya, seperti perbankan.

  1. Account Executive

Pernah mendengar prospek karir yang satu ini? Tugasnya berurusan dengan klien. Karena kamu terbiasa berpenampilan rapi dan terbiasa dengan bahasa yang tertata, tugas ini tentu bukanlah hal berat untukmu.

  1. Staff Pemasaran

Meskipun kamu mengambil jurusan OTKP, kamu bisa berkarir di dunia pemasaran. Ilmu yang kamu dapatkan selama menempuh pendidikan OTKP bisa sangat berguna di bidang pemasaran.

  1. Personal Assistant

Peluang atau prospek kerja OTKP berikutnya adalah personal assistant. Tugasnya hampir sama seperti tugas sekretaris pribadi. Kamu akan mengatur semua jadwal dan hal-hal penting lainnya yang terkait dengan orang yang menjadi atasan kamu.

  1. Resepsionis

Jika kamu tertarik, kamu bisa menjadi seorang resepsionis atau staff front office. Kamu perlu memiliki tampilan yang menarik dan rapi.

  1. Petugas Perpustakaan

Terakhir, petugas perpustakaan. Ilmu kearsipan yang sudah kamu dapatkan akan sangat berguna di sini. Kamu akan menata buku sesuai dengan kategorinya. Kalau kamu suka dengan buku, kamu bisa menjadikan ini sebagai karir kamu ke depannya.